Kamis, 17 Februari 2011

Hebat! Tanaman Bisa Deteksi Bom

Ilmuwan Colorado State University Amerika Serikat (AS) mengembangkan pada tumbuhan yang memungkinkan pendeteksian ancaman teror bom. Seperti apa?

Profesor June Medford bersama timnya tengah mengembangkan tanaman hijau yang bisa berubah warna menjadi putih ketika mendeteksi adanya senjata kimia atau biologi yang bisa meledak di sekitarnya.

Ketika berubah putih, hal itu menjadi peringatan tanda bahaya akan terjadi ledakan di sekitar area itu dan orang diharapkan mencari tempat aman. “Kami memodifikasi benih tanaman. Sifat dan kemampuan ini stabil dan menempel pada tumbuhan itu selamanya,� papar Medford.

Demikian, tanaman bisa digunakan untuk keamanan dan memberitahu akan adanya bahaya ledakan bom, lanjutnya. Seperti dikutip Fox News, hal ini memang terdengar seperti fiksi ilmiah.

Namun, Medford menegaskan bahwa menggunakan tanaman untuk mendeteksi patogen dan bahan kimia berbahaya sangat masuk akal. Contohnya, pisang berwarna hijau ketika belum masak di iklim bumi bagian utara kecuali jika terekspos gas ethylene.

“Saya memodifikasi tanaman agar bisa bereaksi saat terekspos zat tertentu dan berubah warna. Cara ini bisa diterapkan pada semua jenis tanaman�.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar