Rabu, 13 Juli 2011

Gempa 6,2 SR Guncang Filipina

Gempa berkekuatan 6,2 skala richter (SR) mengguncang Pulau Negros di Filipina. Hingga kini belum ada laporan mengenai korban jiwa atau kerusakan usai gempa berlangsung.



Menurut Badai Survei Geologis Amerika Serikat (USGS) titik pusat gempa dilaporkan berada pada 126 kilometer barat daya kota Dumaguete dan sekira 576 kilometer tenggara dari Ibukota Filipina, Manila.


Sementara pusat kedalaman gempa dilaporkan mencapai 19 kilometer. Gempa besar ini juga diikuti oleh gempa susulan yang melanda 15 menit kemudian. Demikian diberitakan Associated Press, Selasa (12/7/2011).


Tidak ada peringatan bahaya tsunami menyusul gempa terjadi. Hingga saat ini Pemerintah Filipina belum melaporkan adanya jumlah korban jiwa dan kerusakan akibat gempa.


Gempa ini adalah rentetan bencana alam yang dilanda Filipina. Sebelumnya, Juni lalu Filipina juga dikabarkan mengalami banjir bandang. Banjir bandang tersebut dinilai cukup memporak porandakan kota tersebut.

Banjir bandang tersebut dipicu oleh posisi Intertropical Convergence Zone (ITCZ), yakni Zona ini merupakan tempat berkumpulnya awan-awan. Oleh karena itu hujan yang deras yang memicu banjir kerap terjadi di kota tersebut. Banjir itu telah menewaskan 14 orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar